SMK NEGERI 1 SINTANG
PROFIL: Sejarah SMKN 1 Sintang

Minggu, 18 Juli 2010

Sejarah SMKN 1 Sintang






Profil Sekolah           

            Kabupaten Sintang terletak di bagian timur Propinsi Kalimantan Barat atau diantara 1°05’ Lintang Utara serta 1°21’ Lintang Selatan dan 110°50’ Bujur Timur serta 113°20’ Bujur Timur.
            Kabupaten Sintang dengan luas 21.638 Km2, menempati posisi strategis baik dalam konteks Nasional, Regional dan Internasional. Kabupaten Sintang berbatasan langsung dengan Serawak (Malaysia Timur) serta berlanjut ke Brunei Darussalam. Dengan demikian kawasan ini akan menjadi gerbang keluar masuk barang dan orang (outlet) dari dan ke Sarawak maupun Brunei Darussalam melalui jalan darat.
            Secara administratif, batas Kabupaten Sintang adalah :
  • Utara              : Serawak (Malaysia Timur)
  • Selatan           : Kabupaten Melawi
  • Timur             : Kabupaten Kapus Hulu
  • Barat              : Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Ketapang
            Sebagian besar wilayah Kabupaten Sintang merupakan wilayah perbukitan dengan luas sekitar 22.392 km2 atau sekitar 69,37 persen dari luas Kabupaten Sintang (32.279 km2). Kabupaten Sintang merupakan kabupaten terbesar kedua di Propinsi Kalimantan Barat setelah Kabupaten Ketapang.             Daerah Pemerintahan Kabupaten Sintang terbagi menjadi 14 wilayah kecamatan. Kecamatan terluas adalah Kecamatan Ambalau dengan luas 19,79 persen Kabupaten Sintang sedangkan luas masing – masing kecamatan hanya berkisar 2-7 persen dari luas Kabupaten Sintang.
            Kabupaten Sintang dialiri 2 sungai besar yaitu Sungai Kapuas dan Sungai Melawi, diman Sungai Kapuas melewati daerah Sepauk, Tempunak, Sintang dan Kentungau, sedangkan Sungai Melawi melewati kota Sintang, Dedai, sampai Ambalau dan menuju ke Propinsi Kalimantan  Timur.
            SMK N 1 Sintang berada di Jalan Raya Sintang-Pontianak Km.08 Sei.Ukoi, Kecamatan Sei. Tebelian. Sintang Kalimantan Barat. Jarak ke Ibukota Propinsi Kalbar (Pontianak) 400 km ditempuh dengan menggunakan jalan darat (Bus/mobil) selama 10-11 jam perjalanan. Jarak Sintang ke Malaysia Timur (serawak) 250 km. Posisinya berada di Pintu Gerbang masuk Kota Sintang memiliki luas tanah 2 hektar dengan struktur tanah perbukitan di modifikasi menjadi lingkungan sekolah sehingga lokasi sekolah posisinya turun-naik layaknya bukit.
            Berdiri pada 29 Januari 1998 dengan membuka 2 Jurusan Teknik Perkayuan dan Batu Beton
Tahun  2002 ditambah dengan jurusan Teknik Mesin dan Listrik
Seiring dengan digulirkannya OTODA yang bersifat Desentralisasi  maka kami mengembangkan diri menjadi SMK besar.
-          Tahun 2005 ditambah Teknik Otomotif 
-          Tahun 2006 ditambah Teknik Multimedia
-          Tahun 2008 Sekolah Standar Nasional (SSN) membuka jurusan Teknik Broadcasting (Teknik Program Penyiaran Radio) merupakan satu-satunya jurusan yang ada di Kalbar.
-          Tahun 2009 Sekolah Rintisan Bertaraf Internasional (RSBI)
-          Tahun 2010 (Sekarang)
Ø  Sekolah bekerja sama dengan Nadia Consultan Semarang. Untuk memberikan pelayan prima pada konsumen (siswa) dengan menerapkan ISO 9001:2008.
Ø  Melanjutkan Studi Ke Program Magister 9 guru SMK di Universitas TanjungPura Pontianak.
Bekerja sama dengan UPPTP Prop.Kalbar.SMK merupakan tempat Pelatihan dan ICT Center untuk Kabupaten Sintang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar